Mahasiswa Penebar Inspirasi

Langkahan (1)

Banda Aceh – Menempuh perjalanan berjam-jam, dengan jalan yang penuh bebatuan, melewati bukit-bukit, sambil menikmati hijaunya hamparan kebun sawit. Mereka berangkat dari daerah yang berbeda, ada yang dari Krueng mane,krueng Geukueh,Lhokseumawe,Lhoksukon. Semua masih dalam kawasan Aceh Utara.

Ada misi yang mereka emban. “Aceh Menyala, Indonesia Mengajar, dan Gerakan Inspirasi Fakultas Teknik Unimal”.

Setelah menempuh perjalanan yang begitu melelahkan akhirnya mereka tiba di sebuah Desa. Desa tersebut terletak di perbatasan antara Aceh Timur dengan Aceh Utara.

Tentunya perbatasan itu merupakan akhir atau ujungnya sebuah perkampungan yang ada di Aceh Utara. Tepatnya di kecamatan Langkahan Gampong Rumoh Rayeuk kabupaten Aceh Utara.

Mereka (para Pemuda-pemuda) rela menghabiskan waktu, tenaga,fikiran bahkan terkadang materi hanya untuk melihat anak-anak dipelosok negeri tersenyum dalam benderang ilmu.

 

Mereka ingin membantu, menginspirasi, mendidik generasi-generasi muda, calon pemimpin. Mereka tak dibayar sepeser pun, bekerja dengan sukarela. Dengan hati nurani dan niat yang suci untuk memajukan negeri.

 

Awalnya mereka juga mengajak orang-orang untuk ikut menyumbang. Buku-buku bekas yang sudah dikumpul selama setahun mereka bawa ke Langkahan untuk dijadikan bahan baca dipustaka.

 

Mungkin bagi anak-anak yang bersekolah elit buku itu tak ternilai harganya bahkan dicampakkan, dirobek, dibakar dibuat pesawat dan lain sebagainya. Namun tanpa diketahui teman-teman mereka masih sangat membutuhkan buku tersebut. Jangankan mereka beli melihat saja tidak pernah.

 

Fandy ketua program ini mengatakan mereka akan terus berusaha untuk menginspirasi anak negeri.

 

“Banyak sekali anak-anak desa ini yang cerdas, yang mampu mengukir prestasi,”katanya.

 

“Kami tidak butuh dibayar, dengan melihat anak-anak yang begitu luar biasa cerdasnya, sopannya, menyambut kedatangan kami dengan ceria. Itu saja sudah cukup. Kami merasa sangat bahagia karena kami dapat bermanfaat untuk orang lain,” ceritanya.

 

Pun begitu dia berharap pemerintah turut terlibat dalam program ini, karena tujuan sangat mulia, mencerdaskan generesi bangsa.

Sumber : Ajnn.net