Aceh Raih Empat Juara Di FASI Bandung

Jaringanpelajaraceh – Tim Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Aceh berhasil meraih empat juara di FASI Tingkat Nasional yang berlangsung di Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat, 20-22 Juni 2014. Anak-anak yang mewakili Provinsi Aceh ini berhasil meraih satu gelar juara I dan tiga gelar juara harapan.

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh, H Akhyar MAg kepada Serambi, Minggu (22/6) mengatakan, wakil Aceh meraih juara I pada cabang terjemah lafziah. Grup ini berasal dari TPQ Ar-Rahmah Pagar Air, Aceh Besar, yang terdiri atas Riska Adelia, Fitriani dan Raisha Asyifa Azra.

Sedangkan tiga juara harapan masing-masing diraih oleh Lia Inayatul Maula pada cabang pidato Bahasa Indonesia, Maisyun Munirah pada cabang tartil putri dan grup nasyid yang terdiri atas Rihadatul A Nafida, Desy Nuzulia, Raihan Athiyya Putri, Cut Rheyna Saffa, dan Nisrinna Yumma Fadin.

Ketua BKPRMI Aceh, Akhyar mengatakan, FASI Tingkat Nasional tahun ini memperlombakan 13 cabang lomba. Namun, tim FASI Aceh hanya mengikuti delapan cabang lomba, karena tidak peserta dapat berangkat ke Bandung.

Dari delapan cabang yang diikuti, empat cabang berhasil masuk ke final yaitu, terjemah lafziah, tartil putri, pidato bahasa Indonesia, dan nasyid. Dari empat cabang itu, Aceh berhasil merebut juara I pada cabang terjemah lafziah. “Pada cabang terjemah lafziah ini, peserta selain mampu membaca, juga dapat menerjemahkan kata per kata ayat-ayat Alquran dan hadis yang sudah ditentukan,” kata Akhyar.

Sementara Azhar yang mendampingi tim FASI Aceh mengatakan, para peserta memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengikuti perlombaan tersebut, meskipun persiapan dalam mengikuti FASI ke tingkat nasional ini kurang sempurna.

Sumber : Serambinews.com